Pencitraan Bawah Permukaan Menggunakan Metode Pre Stack Depth Migration Anisotropi pada Medium VTI (Vertical Transverse Isotropy)

Penulis

  • Siska Agustiningsih Departemen Fisika, FMIPA UI, Kampus UI Depok 16424
  • Supriyanto Departemen Fisika, FMIPA UI, Kampus UI Depok 16424

Kata Kunci:

anisotropy, Pre Stack Depth Migration, VTI

Abstrak

Pencitraan bawah permukaan dengan metode Pre Stack Depth Migration (PSDM) mampu mencitrakan struktur kompleks dengan variasi kecepatan lateral. Akan tetapi, PSDM masih mengasumsikan bumi adalah medium isotropi, maka citra yang dihasilkan menjadi tidak akurat. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya meminimalkan ketidakakuratan hasil pencitraan dengan melibatkan parameter anisotropi dalam pembuatan model kecepatan dalam metode PSDM. Dalam penelitian ini, data seismik yang digunakan merupakan data seismik laut (offset 8234,5 meter) dengan VTI (Vertical Transverse Isotropy) sebagai asumsi medium anisotropinya. Secara teoritis, digunakan dua parameter untuk mengkarakterisasi medium ini, yaitu δ dan ε. Dimana, δ merupakan parameter anisotropi yang mendeskripsikan variasi kecepatan terhadap arah near vertical sedangkan ε mendeskripsikan variasi kecepatan terhadap arah near horizontal. Kedua parameter ini digunakan dalam proses transformasi dari kecepatan interval isotropi ke kecepatan interval anisotropi dan dalam proses PSDM anisotropi Kirchhoff. Secara umum, PSDM anisotropi memberikan hasil image yang lebih baik dibandingkan PSDM isotropi dalam kualitas reflektor yang lebih kuat dan kontinuitas yang lebih menerus. Selain itu, depth migrated gather hasil PSDM anisotropi juga lebih lurus pada far offset dibandingkan dengan hasil dari PSDM isotropi. Hal ini menunjukan bahwa efek hockey sticks pada far offset mampu terkoreksi oleh asumsi anisotropi.

Referensi

Fagin, S., (2002). Model-based depth imaging, SEG Course Notes Series 10, Tulsa.

Alkhalifah, T. and Tsvankin, Ilya. (1995). Velocity Analysis for Transversely Isotropic Media : Geophysics 60, 1550 – 1556.

Thomsen, L. (2002). Understanding Seismic Anisotropy in Exploration and Exploitation, Society Exploration Geophysicists, Tulsa. 1954.

Tsvankin, Ilya and Thomsen, L. (1994). Nonhyperbolic Reflection Moveout in Anisotropic Media : Geophysics 59, 1290 – 1304.

Diterbitkan

2021-02-24

Cara Mengutip

Agustiningsih, S., dan Supriyanto. “Pencitraan Bawah Permukaan Menggunakan Metode Pre Stack Depth Migration Anisotropi Pada Medium VTI (Vertical Transverse Isotropy)”. Jurnal Geosains Terapan, vol. 1, no. 1, Februari 2021, hlm. 1, https://geosainsterapan.id/index.php/id/article/view/1.

Terbitan

Bagian

Artikel Ilmiah Pilihan

Kategori