Integrasi Metode Seismik Inversi dan Spektral Dekomposisi Untuk Memetakan Penyebaran Reservoir dan Kandungan Fluida

Penulis

  • Herdiana Prasetyaningrum Pribadi

Kata Kunci:

dekomposisi spektral, formasi Lower Sihapas, seismik inversi, transisi

Abstrak

Untuk memetakan penyebaran reservoir sekaligus memperkirakan keberadaan fluida pada Lapangan D digunakan metode inversi seismik yang diintegrasikan dengan metode dekomposisi spektral.

Daerah target yang diteliti merupakan reservoir batupasir yang berada di antara formasi Lower Sihapas dan Transisi. Dari analisis seismik inversi dan croosplot log pada sumur menunjukkan bahwa porositas daerah penelitian semakin besar dari arah utara ke selatan dan terdapat perselingan tipis batulempung di antara batu pasir.

Dari integrasi sebaran AI dan amplitudo pada Top A, terdapat tiga zona yang merupakan oil well. Pada Top B, terdapat dua zona yang merupakan oil well. Pada lima zona tersebut, sebaran AI nya rendah dan amplitudonya tinggi yang mengindikasikan bahwa zona tersebut merupakan zona reservoir yang mengandung hidrokarbon. Pada Top A direkomendasikan empat zona sebagai zona prospek dan pada Top B direkomendasikan tiga zona sebagai zona prospek.

Penggunaan kedua metode, yaitu seismik inversi dan dekomposisi spektral ini dapat saling menguatkan untuk menunjukkan sebaran reservoir dan kandungan fluida di Lapangan D.

Referensi

Ekowati, P.D, Sigit S. 2009. Aplikasi Analisa Seismik Multiatribut untuk Prediksi Penyebaran Reservoar Batupasir "E" dan Porositasnya Pada Lapangan "PDE" Cekungan Sumatera Tengah. JTM Volume XVI Nomor 3. Teknik Geofisika - ITB. Bandung.

Februana, A. 2010. Kombinasi Penerapan Metode Inversi Seismik dan Dekomposisi Sepktral dalam Penentuan Sebaran Reservoar Minyak pada Lapangan Minyak Fatih, Cekungan Tarakan, Kalimantan Timur. FMIPA. UI. Depok.

Haris, A. 2013. Geofisika Reservoar: Aplikasi Geofisika untuk Karakterisasi Reservoar. FMIPA - UI. Depok.

Heidrick, T.L. dan Aulia, K., 1993, A Structural and Tectonic Model of the Coastal Plains Block, Central Sumatera Basin, Indonesia, Indonesian Pet. Assoc., 22nd Annual Convention Proceeding.

Lasono, L. 2011. Kombinasi Spektral Dekomposisi Berbasis Transformasi Wavelet Kontinyu (CWT) dan Seismik Inversi untuk Karakterisasi Reservoar Prospect "L", Studi Kasus Cekungan Sumatera Selatan. FMIPA - UI. Depok.

Munadi, S. 2000. Aspek Fisis Seismologi Eksplorasi. FMIPA - UI. Depok.

Nissen, SE. 2002. Seismic Attributes for the Explorasionist. Kansaa Geological Survey. Presented at the North Midcontinent PTTC Petroleum Techology Fair.

Pramono, S. 2010. Aplikasi Interaktif Analisa Dekomposisi Spektral Berbasis Continuous Wavelet Transform (CWT). FMIPA - UI. Depok.

Sukmono, S., 1999. Interpretasi Seismik Refleksi. Departemen Teknik Geofisika ITB, Bandung.

Tabah, F.R, Hernowo D. 2010. Inversi Model Based Untuk Gambaran Litologi Bawah Permukaan. Jurnal Sains dan Matematika (JSM), Volume 18 Nomor 3. Universitas Diponegoro. Semarang.

Tim LEMIGAS, 2000. Report G & G Bengkalis Through. Puslitbangtek Minyak dan Gas Bumi "LEMIGAS", Jakarta.

Diterbitkan

2024-04-16

Cara Mengutip

Prasetyaningrum, H. “ Integrasi Metode Seismik Inversi Dan Spektral Dekomposisi Untuk Memetakan Penyebaran Reservoir Dan Kandungan Fluida”. Jurnal Geosains Terapan, vol. 6, no. 1, April 2024, https://geosainsterapan.id/index.php/id/article/view/74.

Terbitan

Bagian

Artikel Ilmiah

Kategori