Studi Mikrofasies Batugamping pada Kawasan Ligarmukti, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat

Penulis

  • Ario Prastyan Mahasiswa
  • Dyah Nindita Sahdarani Universitas Indonesia
  • Rezky Aditiyo Universitas Indonesia

Kata Kunci:

mikrofasies, fasies, batugamping, fosil, mikroskopis

Abstrak

Kecamatan Klapanunggal berlokasi di Provinsi Jawa Barat yang memiliki sebaran batugamping. Berdasarkan Peta Geologi Lembar Bogor, fasies batugamping yang ada pada daerah penelitian termasuk ke dalam Formasi Klapanunggal. dan diperkirakan berumur Miosen Awal. Penelitian ini berfokus pada analisis mikrofasies batugamping untuk menentukan distribusi fasies dan sejarah geologi kawasan Klapanunggal. Fitur makroskopis dari tiap sampel batugamping diklasifikasikan berdasarkan Klasifikasi Dunham (1962) yang dimodifikasi oleh Embry & Klovan (1971), sedangkan fitur mikroskopis dari tiap sampel batugamping diklasifikasikan berdasarkan Model Mikrofasies Standar dan Model Sabuk Fasies oleh Wilson (1975) yang telah dimodifikasi oleh Flugel (2010). Setelah itu dilakukan rekonstruksi zona fasies untuk memudahkan dalam interpretasi zona fasies. Hasil akhir dari analisis dapat menambah informasi terkait distribusi fasies dan sejarah geologi dari batugamping di kawasan penelitian.

Referensi

Dunham, R.J. (1962). Classification of Carbonate Rocks according to Depositional Texture. American Association of Petroleum Geologists 1, 108-121.

Effendi, A.C. Kusmana dan B.Hermanto (1998). Geologi Lembar Bogor, Jawa Barat skala 1:100.000. Direktorat Geologi

Embry, A. F., & Klovan, J. E. (1971). A Late Devonian reef tract on northeastern Banks Island, NWT. Bulletin of Canadian Petroleum Geology 19(4), 730-781.

Flugel, E. (2010). Microfacies of Carbonate Rocks: Analysis, interpretation and application. Berlin: Springer-Verlag.

Nichols, G. (2009). Sedimentology and stratigraphy (2nd ed.). Oxford: Blackwell Science.

van Bemmelen, R.W. (1949). The Geology of Indonesia, Vol. 1 A, Government Printing Office.

Wilson, J.L. (1975). Carbonate Facies in Geologic History. Berlin: Springer-Verlag, Berlin.

Diterbitkan

2023-01-15

Cara Mengutip

Prastyan, A., D. N. Sahdarani, dan R. Aditiyo. “Studi Mikrofasies Batugamping Pada Kawasan Ligarmukti, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat”. Jurnal Geosains Terapan, vol. 5, no. 2, Januari 2023, https://geosainsterapan.id/index.php/id/article/view/45.

Terbitan

Bagian

Artikel Ilmiah

Kategori