Analisis Petrofisika dan Evaluasi formasi Reservoar Berdasarkan Data Log Sumuran pada Lapangan “D”

Penulis

  • Nurrul Ahmad Hidayat Departemen Fisika, FMIPA UI, Kampus UI Depok 16424
  • Abdul Haris Departemen Fisika, FMIPA UI, Kampus UI Depok 16424

Kata Kunci:

Analisis Petrofisika, kandungan lempung, porositas, saturasi air, permeabilitas

Abstrak

Penelitian ini membahas karakterisasi zona reservoar hidrokarbon berdasarkan analisis petrofisika. Penelitian dilakukan dengan melakukan evaluasi formasi dan analisis petrofisika. Dalam evaluasi formasi dibutuhkan parameter-parameter fisika untuk mengevaluasi dan memprediksi kandungan minyak dan gas bumi dalam batuan reservoar. Parameter-parameter fisika tersebut adalah kandungan lempung, porositas, kejenuhan air dan permeabilitas yang didapatkan dari analisis petrofisika. Dalam penelitian ini dilakukan analisis petrofisika dari 7 data sumur. Berdasarkan hasil akhir analisis petrofisika, reservoar zona target pada lapangan penelitian adalah reservoar pada sumur Lisburne 1 dengan kandungan lempung sebesar 9%, porositas efektif 24% dan saturasi air 10%. Litologi pada reservoar ini merupakan batupasir dengan ketebalan reservoar sebesar 53,64 meter. Reservoar ini terletak pada kedalaman 1978 – 2154 ft.

Referensi

Dewan, T. J. 1983. “Essential of modern Open-Hole Log Interpretation”. Pennwell Publishing Company, Tulsa-Oklahoma, USA.

Dewanto, Ordas. 2008. Estimasi Cadangan Hidrokarbon Pada Batuan Reservoir Bersih Menggunakan Metode Interpretasi Analisa Log. Bandar Lampung.

Glover, Paul. 2007. Formation Evaluation MSc course notes.

Glover, Paul. 2007. Petrophysics MSc course notes.

Harsono, Adi. 1997. Evaluasi Formasi dan Aplikasi log. Schlumberger Oilfield Services.

Diterbitkan

2021-02-28

Cara Mengutip

Hidayat, N. A., dan A. Haris. “Analisis Petrofisika Dan Evaluasi Formasi Reservoar Berdasarkan Data Log Sumuran Pada Lapangan ‘D’”. Jurnal Geosains Terapan, vol. 2, no. 3, Februari 2021, hlm. 1, https://geosainsterapan.id/index.php/id/article/view/11.

Terbitan

Bagian

Artikel Ilmiah Pilihan

Kategori